Menghitung dosis dengan berat badan

Kesalahan pemberian dosis obat dapat dihindari bila baik perawat dan apoteker sama-sama mengetahui dosis yang diberikan. Maka kita harus mengubah mg menjadi Bagikan Artikel ini. Kesalahan pada Medikasi Kesalahan yang sering timbul pada regimen medikasi antara lain disebabkan oleh: Perlu juga diperhatikan reaksi antar obat atau efek obat terhadap penyakit.

Pengobatan dengan inhalasi mempunyai efek yang sangat cepat terhadap kerja paru-paru dan mempengaruhi sirkulasi oksigen di seluruh tubuh.

Sediaan obat Sanmol Forte syrup ialah mg tiap 5 mL mililiter Jawab: Solusi Jawaban: Tim medis dalam menuliskan resep atau instruksi harus menjelaskan cara pemberian obat dengan spesifik. Dokter meminta memberikan paracetamol tablet mg, satu kaplet obat memiliki sediaan mg. Menentukan dosis obat pada bayi dan anak-anak memakai dasar perbandingan berat badan orang dewasa Adapun berat badan yang dipakai pada orang dewasa dalam contoh ini yaitu 70 kg.

Obat tetes atau salep mata digunakan untuk mengobati iritasi, infeksi atau glaucoma yang terjadi pada mata. Secara umum penggunaan dosis dalam terapi dibagi menjadi: Jika tidak mengerti sama sekali tentang farmakologi sebaiknya tidak mencoba-coba menentukan dosis obat sendiri jika tidak sangat terpaksa karena tidak ada yang bisa dihubungi sementara kondisi darurat.

Cara menghitung dosis obat tablet atau pil bisa menggunakan contoh dibawah ini. Berdasarkan umur a.

Cara Menghitung Dosis Obat dengan Cepat dan Benar

Lakukan validasi ulang terhadap obat sebelum melakukan pemberian obat. Sediaan obat adalah adalah mg. Dengan demikian, maka dosis terapi pada anak yang berumur 9 tahun yang memiliki berat badan 21 kg adalah Cara menghitung dosis obat dengan dasar ukuran Fisik Ada 2 teknik guna menghitung dosis obat pada anak-anak dan bayi yang memakai acuan Pertimbangan yang menggunakan dasar memakai ukuran Fisik, yakni ukuran dari berat badan serta luas dari permukaan tubuh atau LPT.

Takaran dosis yang ada dalam farmakope umumnya untuk dosis orang dewasa, sedangkan untuk anak-anak memerlukan rumus perhitungan khusus. Bersihkan dan keringkan kulit sebelum mengoleskan krim obat tersebut. Dosis lazim adalah dosis yang digunakan sebagai pedoman umum pengobatan yang direkomendasikan dan sering digunakan sifatnya tidak mengikat biasanya diantara dosis mimimum efek dan dosis maksimum2.

Atau waktu pemberian obat dibuat berdasarkan frekuensi, misalnya:Menghitung Dosis Obat – Pada ulasan kali ini kita akan belajar bagaimana cara menghitung dosis obat untuk bayi, anak, dan dewasa.

Seperti yang kita ketahui bahwa dosis adalah takaran obat yang diberikan dokter kepada pasien yang dapat memberikan efek farmakologis (khasiat) yang laurallongley.com: Menghitung.

Berat Badan Anak (BBA):Berat Badan Dewasa (BBD) * Dosis Dewasa.

Contohnya adalah sebagai berikut Contohnya adalah sebagai berikut Telah diketahui bahwa dosis terapi pada orang dewasa yang memakai obat phenobarbital yaitu mg/dosis. Seorang dokter anak tentunya harus tau bagaimana cara menghitung dosis obat puyer pada anak, cara menghitung dosis obat pada anak pdf, cara menghitung dosis obat sesuai umur dan berat badan, cara menghitung dosis obat pada anak berdasarkan berat badan, cara menghitung dosis obat injeksi pada anak, cara menghitung dosis obat sirup untuk bayi.

Dosis obat yang diberikan pada anak-anak dihitung berdasarkan berat badan anak atau luas permukaan tubuh anak. Kebanyakan obat-obat tersebur diproduksi khusus untuk anak sehingga tidak dihitung dengan cara yang sama pada orang dewasa.

Perhatikan ukuran dan laju metabolisme pada anak, kaena hal ini sangat berpengaruh pada reaksi terapi obat yang diharapkan. Observasi selalu Author: Antoni. Cara menghitung dosis untuk anak-anak: 1. Berdasarkan umur.

Cara Menghitung Dosis Obat Dengan Cepat Dan Tepat

a. Rumus young (untuk anak dengan 8 tahun) n: umur dalam tahun c. Rumus Fried (untuk bayi) n: umur dalam bulan 2. Berdasarkan berat badan Perhitungan dosis berdasarkan berat badan sebenarnya lebih tepat karna sesuai dengan kondisi pasien ketimbang. · Setelah menghitung dosis dari obat tablet selanjutnya kita membahas menghitung dosis obat syrup, caranya menggunakan rumus dibawah ini.

Contoh: Dokter membuat resep ” Sanmol Forte syrup mg prn.4,5/5.

Menghitung dosis dengan berat badan
Rated 0/5 based on 58 review