Dimana lemak disimpan oleh tubuh

Agar lemak dapat diangkut ke dalam peredaran darah, maka lemak tersebut harus dibuat larut dengan cara mengikatkannya pada protein yang larut dalam air.

Di dalam sel tersebutlah terjadi aktivitas perubahan reaksi-reaksi untuk menghasilkan energy yang dibutuhkan oleh manusia.

Sintesis asam amino Semua jaringan memiliki kemampuan untuk men-sintesis asam amino non esensial, melakukan remodeling asam amino, serta mengubah rangka karbon non asam amino menjadi asam amino dan turunan lain yang mengandung nitrogen. Selain menyediakan kebutuhan nitrogen, asam-asam amino dapat juga digunakan sebagai sumber energi jika nitrogen dilepas.

VLDL membawa lemak dari hati dan mengirim trigliserid ke sel-sel tubuh.

Makalah Metabolisme Karbohidrat, Lemak dan Protein

Demikian seterusnya, asam sitrat membentuk bermacam-macam zat dan akhirnya membentuk asam oksaloasetat lagi Rochimah, Kebutuhan tubuh akan enersi merupakan prioritas pertama; bila karbohidrat yang di konsumsi tidak mencukupi untuk kebutuhan enersi tubuh dan jika tidak cukup terdapat lemak di dalam makanan atau cadangan lemak yang disimpan di dalam tubuh, maka protein akan menggantikan fungsi karbohidrat sebagai penghasil enersi.

Kemudian trigliserid dalam kilomikron tadi mengalami penguraian oleh enzim lipoprotein lipase, sehingga terbentuk asam lemak bebas dan kilomikron remnan. Sehingga rasio keduanya harus seimbang. Makanan yang mengandung karbohidrat bisa diubah menjadi lemak di dalam tubuh jika jumlahnya terlalu banyak.

Lipoprotein bertugas mengangkut lemak dari tempat pembentukannya menuju tempat penggunaannya. Hormon tersebut dapat menyebabkan kantung empedu berkontraksi sehingga mengeluarkan cairan empedu.

Hal tersebut memudahkan proses hidrolisis lemak oleh lipas yang nanti dihasilkan pancreas.

Pengertian dan Bagaimana Proses Metabolisme Lemak di dalam Tubuh

Link download ada diatas dan bawah artikel Setiap molekul glukosa akan menghasilkan 36 ATP dalam respirasi. Link download ada diatas dan bawah artikel V.

Sebagai cadangan energi Lipid disimpan sebagai jaringan adiposa 3. Lemak berfungsi untuk membantu metabolisme vitamin larut lemak, yaitu vitamin A,D,E,K, berperan dalam sintesis hormon, dan menjadi sumber energi cadangan ketika tubuh kehabisan karbohidrat yang merupakan sumber energi utama.

HDL bertugas membuang kelebihan kolesterol dari dalam tubuh. Di sini, satuan-satuan isoprena digabungkan untuk membuat skualena dan kemudian dilipat dan dibentuk menjadi sehimpunan cincin untuk membuat lanosterol.

Makanan merupakan bahan utama yang kita butuhkan untuk menghasilkan energi guna melaksanakan semua aktivitas hidup. Berikut gambar di bawah ini reaksi dekarboksilasi oksidatif dan reaksinya.

Apakah sel adiposa ini menyebabkan obesitas? Pada saat masuk ke rantai transpor elektron, molekul tersebut mengalami rangkaian reaksi oksidasi-reduksi Redoks yang terjadi secara berantai dengan melibatkan beberapa zat perantara untuk menghasilkan ATP dan H2O.

Hati mengakumulasi alanin plasma, kebalikan transaminasi yang terjadi di otot dan secara proporsional meningkatkan produksi urea.

Bagaimana Proses, Jenis – Jenis dan Pengertian Metabolisme

Tidak seperti karbohidrat dan lipid, asam amino memerlukan pelepasan gugus amin. Karbohidrat banyak ditemukan pada serealia beras, gandum, jagung, kentang dan sebagainyaserta pada biji-bijian yang tersebar luas di alam Hutagalung, Sedangkan aspartat adalah sebagai prekursor ornitin untuk siklus urea.

Asam lemak bebas akan menembus jaringan lemak atau sel otot untuk diubah menjadi trigliserida kembali sebagai cadangan energi.Lemak disimpan di dalam tubuh dalam bentuk trigliserida. Apabila sel membutuhkan energi, enzim lipase dalam sel lemak akan memecah trigliserida menjadi gliserol dan asam lemak serta melepasnya ke dalam pembuluh darah.

Oleh sel-sel yang membutuhkan komponen-komponen tersebut kemudian dibakar dan menghasilkan energi, karbondioksida (CO2), dan air (H2O). Lemak akan dikatabolik menjadi tryglyserol yang dapat menjadi VLDL (very low density lipoproteins = lemak jahat) atau LDL (low densisty lipoproteins) berdasarkan pada jenis lemak yang masuk ke dalam tubuh.

VLDL dapat berpengaruh buruk bagi tubuh, karena mampu menyebabkan aterosklerosis (penyumbatan oleh lemak). lemak yang dihasilkan oleh proses pencernaan adalah berbagai macam asam lemak dan gliserol.

Ketika tubuh memerlukan energi, baik trigliserida, HDL dan LDL akan diurai dalam sitoplasma melalui proses dehidrogenasi kembali menjadi gliserol dan asam lemak. Ketika lemak telah teremulsi, lipase yang dihasilkan oleh pankres akan memecah lemak menjadi gliserol dan asam lemak yang akan diserap ke dalam tubuh melalui dinding usus penyerapan.

Pengertian dan Proses Metabolisme Lemak di dalam Tubuh

Gliserol dan asam lemak akan diangkut oleh pembuluh darah menuju ke seluruh tubuh. Asam-asam amino tidak dapat disimpan oleh tubuh. Jika jumlah asam amino berlebihan atau terjadi kekurangan sumber energi lain (karbohidrat dan protein), tubuh akan menggunakan asam amino sebagai sumber energi.

Tidak seperti karbohidrat dan lipid, asam amino memerlukan pelepasan gugus amin. Gugus amin ini kemudian dibuang karena bersifat toksik bagi tubuh. Lemak disimpan di tubuh biasanya ada dibawah lapisan kulit / lapisan kulit bawah sendiri asam benzoat berguna sebagai pengawet makanan ataupun minuman.

Dimana lemak disimpan oleh tubuh
Rated 4/5 based on 73 review